Cara Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Ketika seseorang melakukan suatu pemeriksaan terhadap kadar kolesterol yang dimiliki dan ternyata memiliki kolesterol tinggi akan beresiko pada penyakit komplikasi yang disebabkan oleh kolesterol yakni diabetes mellitus, hipertensi, stroke dan jantung koroner.

Mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi ini akan lebih disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol yang dimiliki hingga kembali pada kolesterol yang normal.

Bila pola hidup yang menjadi salah satu penyebab dan salah dikombinasikan dengan faktor-faktor genetik yang bisa menyebabkan persoalan kolesterol, proses terbentuknya atherosklerosis seolah-olah dipercepat. Keadaan ini potensial meningkatkan terjadinya penyakit kardiovaskular pada usia dewasa.

Berikut cara umum yang dapat dilakukan untuk mengatasi kolesterol yang dimulai dari pola hidup yang sehat, diantaranya :

1. Mengatur menu

Sudah banyak dibuktikan bahwa menurunkan kadar kolesterol darah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal itu dapat dilakukan, baik dengan obat maupun melalui pengaturan menu. Misalnya hasil penurunan kadar kolesterol 23 % makan penurunan angka kematian akibat penyakit jantung sebanyak 35 %.

Mengubah sedikit aturan menu atau makan sehari-hari, dengan mengurangi konsumsi garam dan lemak pada jenis makanan tertentu atau mengubah cara pengolahan makanan yang tadinya digoreng diganti dengan direbus atau mengganti minyak goreng ke minyak zaitun.

2. Berolahraga

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan pembakaran lemak dan kolesterol. Berolahraga keras bisa meningkatkan julah HDL sampai 20-30 %. Namun, jika seseorang berhenti berolahraga, kadar HDL dan kolesterol juga biasanya akan cepat kembali ke kadar semula. Oleh karena itu, perlu dilakukan latihan secara teratur bila hendak memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Menjaga berat badan

Catat berat badan, tinggi badan, dan rasio pinggang-panggul (pada laki-laki < 0,9 dan perempuan < 0,8 ) secara rutin.

4. Konsumsi antioksidan

Penelitian membuktikan bahwa penting juga menjaga kesehatanjanutng dengan mengkonsumsi antioksidan misalnya pepaya, tempe, tahu, susu kedele, vitamin C, vitamin E dan karotin. Kedele diketahui mengandung fitoestrogen yang dipercaya bisa melindungi jantung kita.

5. Terapi hormon

Pertimbangkan terapi sulih hormon (estrogen) pada perempuan masa menopause terutama yang mempunyai faktor resiko PJK lain (penyakit jantung koroner). Statistik membuktikan bahwa para wanita sebelum menopause jarang mengalami serangan jantung koroner. Hal ini disebabkan antara lain karena hormon estrogen.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Diet Kolesterol and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>