Faktor Penyebab Dari Kolesterol

Faktor Penyebab Dari Kolesterol  – Pola makan merupakan salah satu faktor yang selalu dianggap sebagai penyebab utama hiperkolesterolemia. Tuduhan ini tidak sepenuhnya benar, terutama bagi individu yang mengidap masalah kelebihan kolesterol akibat masalah genetis yang diturunkan dari orang tuanya.

Penyebab Penyakit Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak yang secara alam terkandung dalam makanan yang berasal dari sumber hewani seperti daging, jeroan, susu dsb. Mereka yang gemar mengkonsumsi makanan jenis tersebut, maka kemungkinan untuk menderita hiperkolesterolemia akan lebih besar dibandingkan mereka yang lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan ikan.

Berikut Faktor Penyebab Dari Kolesterol, diantaranya :

1. Faktor Penyebab Dari Kolesterol  Kebiasaan merokok juga merupakan penyebab buruknya proporsi HDL dan LDL kolesterol pada seseorang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study di Amerika ditemukan bahwa kebiasaan merokok menyebabkan kadar HDL kolesterol menurun. Penelitian ini dilakukan terhadap 2.000 orang pria dan 2.000 orang wanita berusia antara 20-49 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan HDL kolesterol pada pria rata-rata 4,5  mg/dl dan wanita 6,5 mg/dl.

2. Faktor Penyebab Dari Kolesterol  Obesitas atau kegemukan adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan adanya penumpukan lemak tubuh (body fat) yang melebihi batas normal. Pada dasarnya, kegemukan merupakan penimbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Jumlah lemak pada pria dewasa rata-rata berkisar 15-20 % dari berat badan total dan lemak pada wanita dewasa berkisar 20-25 %. Jumlah lemak pada tubuh seseorang umumnya meningkat sejalan dengan bertambahnya usia, terutama disebabkan melambatnya metabolisme dan berkurangnya aktivitas fisik.

Orang gemuk sebagian besar menyimpan lemaknya di bagian perut dan selebihnya di bagian pinggul atau paha. Pada umumnya orang gemuk memiliki kadar trigliserida tinggi dan disimpan dibawah kulit.

3. Pengaruh keturunan terhadap kadar lemak dan kolesterol

Pada sebagian orang, walaupun pola makannya tidak terlalu baik, banyak mengkonsumsi makanan berlemak, dan kurang serta tetapi tidak mengalami masalah dengan kadar kolesterol ataupun atherosklerosis. Namun pada sebagian orang lainnya yang justru rajin berolahraga, pola makannya kaya serat, jarang mengkonsumsi lemak hewani dan  tidak merokok justru dirongrong masalah kadar kolesterol yang selalu di ambang batas normal. Hal ini banyak terjadi pada mereka yang berusia relatif muda.

4. Pengaruh usia dan jenis kelamin terhadap kolesterol

Dengan semakin bertambahnya usia, aktivitas fisik seseorang cenderung berkurang dan laju metabolimse juga secara alami akan berjalan semakin lambat. Hal ini berkaitan dengan semakin melemahnya organ-organ tubuh. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan kondisi kolesterol individu tersebut.

Faktor Penyebab Dari Kolesterol

Faktor Penyebab Dari Kolesterol

Bahwa laki-laki mengalami kenaikan total kolesterol dengan bertambahnya usia, sedangkan kadar HDL tetap dan LDL semakin meningkat. Jika pada wanita kadar HDL dan LDL terus mengalami peningkatan. Mereka para pria mulai dari usia remaja sudah memiliki resiko terhadap serangan kolesterol hingga usia diatas 50 tahun keatas atau memiliki resiko 2-3 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan wanita. Wanita juga memiliki resiko yang sama terhadap serangan kolesterol ketika memasuki masa menopause.

Diet Kolesterol

Diet kolesterol yang baik yang bisa dilakukan adalah ditunjang dengan aktivitas fisik yang baik. Beberapa aktivitas fisik yang bisa membantu mendukung diet kolesterol adalah :

  1. Melakukan olahraga tanpa pergi pe gym
    Cara diet kolesterol yang baik adalah dengan melakukan olahraga namun tanpa pergi ke gym. Jika dengan melakukan latihan terdengar seperti suatu hal yang bisa memberatkan Anada, maka ada kabar baik, Anda bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan cara memasukkan aktivitas fisik ke dalam aktivitas harian Anda. Setiap jenis aktivitas fisik kardiovaskular yang dilakukan seperti menari, berkebun atau juga turun tangga bisa Anda lakukan. Bahkan selain itu juga pekerjaan rumah tangga akan membantu dalam memenuhi syarat sebagai salah satu tindakan latihan. Dan selama Anda melakukan hal ini dengan serius maka Anda akan membantu dalam membuat dan menjaga kesehatan detak jantuung Anda agar naik.
  2. Memperhatikan jenis makanan
    Sebaiknya sebelum Anda membeli makanan diluar, perhatikanlah terlebih dahulu label gizi yang merupakan salah satu hal sangat penting untuk pola makan yang rendah kolesterol dan juga membantu menjaga jantung agar tetap dalam keadaan sehat. Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini seperti memeriksakan ukuran dari sajian, info gizi kemungkinan yang terlihat lebih baus, namun apakah paket itu berisi satu porsi atau dua porsi. Jika memang ada tulisan gandum, maka sebaiknya terlebih dahulu bacalah kandungan bahan yang ada di dalamnnya. Tepung gandum atau juga jenis gandum yang memang seharusnya tertulis pada pertama kalinya. Dan sebuah makanan dengan kandungan kolesterol 0 gram masih ada suatu kemungkinan dalam meningkatkan kolesterol jahat. Karena lemak jenuh adalah salah satu terjadinya penyebab lain yang memang harus diperhatikan juga.
  3. Menurunkan berat badan
    Diet kolesterol yang baik salah satunya adalah dengan menurunkan berat badan. Hal yang terbaik dalam melakukan perlawanan pada penyakit kardiovaskular adalah disaat Anda menurunkan berat badan dan berhasil melakukannya. Obesitas akan membuat resiko kolesterol tinggi semakin naik. Oleh sebab itulah melakukan diet kolesterol yang baik dengan menurunkan berat badan.
  4. Mengikuti saran dokter
    Diet kolesterol yang baik dengan cara mengelola kolesterol adalah salah satu proses yang dilakukan seumur hidup Anda.

Faktor Penyebab Dari Kolesterol


=====================================

>>> Obat Kolesterol Dapat Membantu Dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi, Menormalkan kadar Kolesterol, Meningkatkan Kolesterol Baik dan Mencegah Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Diet Kolesterol and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *